Read more: http://datinfitriyahs.blogspot.com/2013/09/cara-membuat-pesan-sapaan-plus.html#ixzz2jrEyLa2S PEWARISAN SIFAT MAKHLUK HIDUP

PEWARISAN SIFAT MAKHLUK HIDUP

on Minggu, 25 Maret 2012

Genetika dan Hereditas:

Genetika dan Hereditas Genetika : Cabang ilmu biologi yang mempelajari pewarisan sifat pada organisme maupun suborganisme Hereditas :Pewarisan sifat dari induk ke keturunanannya baik secara biologis melalui gen atau secara sosial.

KROMOSOM:

KROMOSOM Sel ini memiliki inti sel atau nukleus , pada inti sel terdapat jalinan seperti benang halus yang disebut kromosom . Kromosom inilah yang merupakan pembawa sifat keturunan . Di sepanjang kromosom terdapat gen yang merupakan penentu sifat keturunan suatu makhluk hidup . Jadi baik kromosom maupun gen sama pentingnya dalam penurunan sifat .

MACAM-MACAM KROMOSOM:

MACAM-MACAM KROMOSOM Ada dua macam kromosom yang ada dalam sel kelamin , yaitu X Y X X X Y X X

JUMLAH KROMOSOM MAKHLUK HIDUP:

JUMLAH KROMOSOM MAKHLUK HIDUP NO Jenis makhluk hidup Jumlah kromoso m (2n) 1 Manusia 46 2 Orang utan 48 3 Siamang 50 4 Marmut 60 5 Kelinci 44 6 Nyamuk 6 7 Lalat 12 8 Kucing 38 9 Tikus 42 10 Kuda 60 NO Jenis makhluk hidup Jumlah kromosom (2 n ) 11 Ayam 78 12 Padi 24 13 Tomat 24 14 Bawang 16 15 Katak 26 16 Jagung 20 17 Bakteri 1 18 Sapi 60 19 Belalang 24 20 Buncis 14

JENIS KROMOSOM:

JENIS KROMOSOM J enis-jenis kromosom a da tiga jenis kromosom , yaitu :

TIGA JENIS KROMOSOM:

TIGA JENIS KROMOSOM

BAGIAN-BAGIAN KROMOSOM:

BAGIAN-BAGIAN KROMOSOM

DEFINISI GEN:

DEFINISI GEN Gen adalah bagian kromosom atau satu kesatuan kimia dalam kromosom yang mengendalikan ciri genetis suatu makhluk hidup . Gen bersifat menurun dari induk kepada anaknya . Susunan gen yang menentukan sifat-sifat suatu individu disebut genotipe . Kemudian genotipe akan memunculkan sifat­sifat fenotipe .

GENOTIF:

GENOTIF Genotipe adalah sifat makhluk hidup yang tidak tampak sehingga tidak bisa diamati dengan indera . Sifat ini biasanya disimbolkan dengan sepasang huruf contoh :NN ,Nn Genotipe yang tersusun dari sifat dominan saja ( NN ) atau resesif saja ( nn ) disebut homozigot . Sedangkan genotipe yang tersusun dari sifat dominan dan resesif ( Nn ) disebut heterozigot .

FENOTIF:

FENOTIF Fenotipe adalah sifat makhluk hidup yang tampak sehingga bisa diamati oleh alat indra . Misalnya rasa buah manis , rambut lurus , bentuk buah bulat , dan tinggi rendahnya badan . Fenotipe ditentukan oleh faktor genotipe dan lingkungan .

HUBUNGAN ANTARA DNA,GEN,DAN KROMOSOM:

HUBUNGAN ANTARA DNA,GEN,DAN KROMOSOM DNA, gen dan kromosom merupakan kelengkapan alat (instrumen) penentu, pembawa, dan pengemas ( packing ) sifat yang diturunkan dari suatu generasi ke generasi berikutnya. Dengan demikian di dalam sel, DNA, gen, dan kromosom merupakan kesatuan dalam bentuk genetik.

ISTILAH-ISTILAH DALAM PERSILANGAN:

ISTILAH-ISTILAH DALAM PERSILANGAN Pariental (P), artinya induk atau orang tua . Filial (F), artinya keturunan . keturunan pertama (F1) = anak keturunan kedua (F2) = cucu Genotipe adalah sifat-sifat menurun yang tidak nampak dari luar , disimbolkan dengan pasangan huruf . Contoh : AA, Aa , aa , AABB,dan AaBB . Gamet adalah sel kelamin dan berasal dari genotipe . Contoh : genotipe Aa , gametnya A dan a. Fenotipe adalah sifat menurun yang nampak dari luar . Contoh : buah besar , buah kecil , rasa manis , rasa asam , batang tinggi , dan batang pendek . Dominan adalah sifat-sifat gen yang selalu nampak atau muncul , disimbolkan dengan huruf besar . Contoh : AA, BB, dan CC. Gen resesif adalah sifat-sifat gen yang tidak selalu nampak baru muncul apabila bersama-sama gen resesif lain, disimbolkan dengan huruf kecil . Contoh : aa , bb, dan cc. Homozigot adalah pasangan gen yang sifatnya sama . Contoh : AA, aa , BB, bb, CC, dan cc. Heterozigot adalah pasangan gen yang tidak sama . Contoh : Aa , Bb, dan Cc.

PERSILANGAN MONOHIBRID:

PERSILANGAN MONOHIBRID Persilangan monohibrid adalah persilangan antara dua individu sejenis dengan memperhatikan satu sifat beda . Misalnya persilangan antara manusia berkulit putih dengan manusia berkulit hitam , dan suami yang bertubuh tinggi dengan istri yang bertubuh rendah . Pada persilangan monohibrid terdapat test cross dan sifat intermediet .

TEST CROSS DAN SIFAT INTERMEDIET:

TEST CROSS DAN SIFAT INTERMEDIET Test cross adalah penyilangan individu yang ingin diketahui genotipenya dengan individu bergenotipe homozigot resesif . Hasil persilangan tersebut mempunyai dua kemungkinan sebagai berikut . 1) Jika tanaman bergenotipe BB disilangkan dengan tanaman bergenotipe bb ( homozigot resesif ), maka akan menghasilkan keturunan yang bergenotipe Bb semuanya . 2) Jika tanaman tersebut bergenotipe Bb disilangkan dengan tanaman bergenotipe bb ( homozigot resesif ), maka akan menghasilkan keturunan bergenotipe Bb dan bb.

SIFAT INTERMEDIET:

SIFAT INTERMEDIET Sifat intermediet dipengaruhi oleh gen dominan yang tidak jenuh . Seperti yang dilakukan oleh Mendel terhadap tanaman Antirrhinum majus berbunga merah galur murni (MM) disilangkan dengan Antirrhinum majus berwarna putih galur murni (mm). Hasil keturunan yang didapatkan oleh Mendel adalah Antirrhinum majus yang berfenotipe warna merah muda , bukan berwarna merah meskipun genotipenya Mm.

PERSILANGAN DIHIBRID:

PERSILANGAN DIHIBRID Persilangan dihibrid adalah persilangan dua individu sejenis dengan memperhatikan dua sifat beda . Mendel telah melakukan percobaan dengan me­nyilangkan kacang ercis galur murni yang mempunyai dua sifat beda , yaitu antara kacang ercis berbiji bulat berwarna kuning (BBKK) dengan kacang ercis berbiji keriput berwarna hijau ( bbkk ). Kedua kacang tersebut memiliki dua sifat beda yaitu bentuk dan warna biji .

Ranking: 5

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

 
© Dunia kecilku | All Rights Reserved
Bloggerized ByImuzcorner | Powered ByBlogger | ChelseaFC Blogger Template ByFree Blogger Template